default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Baksos TNI Kodim Aceh Jaya, 24 Bocah Khitan Massal Di Pasie Raya

Baksos TNI Kodim Aceh Jaya, 24 Bocah Khitan Massal Di Pasie Raya
Sosial
FOTO: Para bocah saat akan di khitan, Puskesmas Pasie Raya, Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (30/7/2019).
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

ACEH JAYA - Kegiatan rutinitas tahunan TNI AD kembali digelar Kodim 0114/Aceh Jaya, tahun 2019, dengan kegiatan Bakti Sosial khitanan massal melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya, kepada 24 orang bocah di Puskesmas Pasie Raya, Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (30/7).

Pengamatan media di lokasi Bakti Sosial, terlihat para bocah itu datang mengenakan sarung serta peci warna hitam dengan muka senyum sumringah, antara senang dan wajah didera ketakutan menunggu waktu "eksekusi" dari petugas kesehatan.

Saat itu, 24 bocah tersebut, datang ditemani sang Ayah dan Ibunya. Ada juga ditemani oleh kaka perempuannya.

Salah satu anak tampak berani saat memasuki ruang kihtanan massal. Ia menaiki ranjang besi yang disiapkan. Lalu, bocah itu tampak meringis saat petugas "eksekutor" menghampiri dan mengelilingi dengan turut memegang bagian tubuh bawah si bocah.

Alat suntik mulai diambil dan disiapkan petugas medis dengan mengarahkan pada bagian selangkangan mereka. Akan tetapi, secara tiba-tiba, bocah kecil awal berani itu, menjerit histeris, ketakutan menerpa wajah polosnya saat melihat jarum suntik ditambah peralatan medis mengarah ke bawah pusarnya.

Seketika, tangisan bocah itu memekik, diikuti bocah lainnya. Semua bocah lain akan disunat turut histeris, memekik dan ikut menangis, mendengar "irama" tangisan dari kawan bocahnya tersebut.

Gelak tawa, membahana diruangan tersebut, diikuti wajah dari para petugas dan orang tua terkekeh, terpingkal, melihat lucunya tingkah laku para bocah polos saat akan dikhitan dengan artian, antara bahagia dan wajah ketakutan mereka.

Dandim Aceh Jaya, Letkol Kav Andhie Suryatama, melalui Plh Pasiter Kodim, Kapten Inf Khayum menuturkan, kegiatan Bakti Sosial ini rutinitas tahunan yang dilaksanakan untuk setiap tahunnya.

"Dalam Baksos kali ini, Kodim Aceh Jaya sengaja mengambil giat khitananan massal dan ini yang pertama kalinya dilakukan pihaknya. Dengan sasaran kepada keluarga menengah bawah," imbuhnya.

Persiapan ini sudah jauh hari kami lakukan. Termasuk pendataan kepada 24 anak-anak itu berasal dari dua kecamatan, Teunom dan Pasie Raya, untuk diikutkan dalam khitanan massal digelar Kodim Aceh Jaya, kata Kapten Inf Khayum.

"Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap dapat memperat hubungan silaturahmi TNI bersama rakyat, terciptanya kemanunggalan TNI antara rakyat, sehingga hubungan TNI dan rakyat semakin solid dan akrab, ujar Pasiter kodim. 

Kegiatan ini selalu berlangsung setiap tahunnya. Untuk tahun ini, kihtanan massal kita lakukan di dua kecamatan. Awal tahun 2020 nanti, ada di Kecamatan Sampoiniet. Kegiatan ini akan berlajut terus hingga tahun-tahun berikutnya pada setiap kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, papar Pasiter Kodim Aceh Jaya, Khayum.

Sementara, Camat Pasie Raya, Zainuddin AR mengatakan, dengan adanya kegiatan digelar Kodim Aceh Jaya, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI atas segala keiklasannya, dengan memberi motivasi te

dan telah memberikan sesuatu yang sangat berharga bagi masyarakat, khususnya Kecamatan Teunom dan Pasie Raya, ucapnya.

Dengan adanya kegiatan digelar seperti ini, pihaknya berharap bantuan seperti ini akan tetap berlanjut. "Baik dalam bentuk kegiatan saat ini, maupun bentuk kegiatan lainya kedepan," tambah Camat Zainuddin.***


Kontributor : Aceh
Editor : Jefri Aceh 1
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar