SUARA INDONESIA
Banner

Dinkes Aceh Utara Sosialisasi Penyakit Akibat Kerja

LHOKSEUMAWE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara melakukan sosialisasi penyakit akibat kerja. Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah petugas kesehatan dari Puskesmas yang tersebar di sejumlah Kecamatan di Kabupaten setempat.  

Acara di buka oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin diwakili oleh Kabid Puskesmas, Samsul Bahri, berlangsung di Hotel Lido Graha, dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa (24/11/2020).

Ketua panitia kegiatan Samsul Bahri pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kesehatan kepada petugas Puskesmas.

Tenaga kesehatan yang dihadirkan merupakan salah satu pelaku pekerja Puskesmas di kecamatan, yang ada di Kabupaten Aceh Utara. Jumlah peserta keseluruhan mencapai 64 orang.

“Mereka kita berikan pelatihan pengetahuan tentang penyakit akibat kerja. Selama ini mereka kerja sudah sakit tetapi tidak mengetahui penyakit itu disebabkan oleh kegiatan dan pekerjaannya sehari-hari, dengan adanya sosialisasi ini nantinya mereka bisa mengetahui penyakit yang dilakukan dari pekerjaannya,” katanya.

Selanjutnya ia mengharapkan, dari pelatihan ini mereka dapat mengetahui penyakitnya sendiri dan dapat melakukan upaya pencegahan sehingga di setiap Puskesmas dapat ditekan seminimal mungkin penyakit akibat kerja, dan orang yang berobat di Puskesmas dapat diturunkan dan ditekan seminimal mungkin.

“Dari masing-masing Puskesmas kita meminta untuk membawakan satu orang pekerja untuk dilihat langsung dan wawancara langsung apa yang dialami dalam melakukan kegiatan pekerjaan dan apa yang dirasakan baik dari fisik maupun sikis yang ditimbulkan akibat dia sendiri,” jelasnya.

Pihaknya mengharapkan, usai kegiatan ini, kinerja petugas kesehatan olahraga yang ada 32 Puskesmas di Aceh Utara dapat lebih menonjol dan lebih aktif turun kelapangan memberikan penyuluhan kepada masyarakat akibat penyakit kerja. (Radhiah).

Apa Reaksi Anda?