SUARA INDONESIA
Banner

Puluhan Pendekar Pagar Nusa Purworejo Ikuti Peringatan Harlah NU ke-95

PURWOREJO - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama' (NU) yang ke-95, puluhan pendekar dari Pagar Nusa Cabang Purworejo mengikuti latihan gabungan di lapangan Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (31/01/2021).

Adib Masrullah Ketua Cabang Pagar Nusa Kabupaten Purworejo menyampaikan, bahwa latihan gabungan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari lahir Nahdlatul Ulama (NU) yang notabene adalah induk organisasi dari Pagar Nusa. Latihan yang digelar pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Kita menegaskan kembali bahwa Pagar Nusa adalah bentengnya NU, kami Siap dalam kondisi apapun untuk membela NU," tegasnya.

Lebih lanjut, Adib mengatakan,, bahwa para santri Pagar Nusa diharapkan memiliki rasa cinta terhadap organisasi setelah diadakan latihan ini, dirinya juga menyarankan kepada para pesilat yang ikut dalam Pagar Nusa untuk menyelesaikan latihan fisik dan latihan batin yang telah di sistemkan oleh perguruan. 

"Saya berpesan, supaya pesilat Pagar Nusa tetap istiqomah menjaga tradisi Aswaja An-Nahdliyah melalui seni beladiri pencak silat serta kedepan juga bisa mengukir prestasi di dalam kejuaraan pencak silat yang sebentar lagi akan diadakan," katanya.

Sementara itu, Yashkur Habibullah selaku Ketua Padepokan Manut Obahing Saliro (MOS), salah satu padepokan yang dibawah naungan Pagar Nusa mengatakan, dalam acara tersebut, sekitar 60 pesilat dari santri Pagar Nusa turut meramaikan acara, mereka berasal dari Kecamatan Kutoarjo dan Kecamatan Butuh. 

"Para peserta berumur diatas 15 tahun semua yang berasal dari Kecamatan Butuh dan Kutoarjo, yaitu Desa Butuh, Desa Lubang Indangan, Desa Tegalgondo, Desa Wonorejo Kulon dan Desa Blimbing kutoarjo," pungkasnya. (Agus. S).

Apa Reaksi Anda?